Operasi Bersih Ciliwung

Ardiansyah

, , ,

Banjir ibu kotaku
Muramlah wajah negeriku

Kotor, dan kotor adalah wajah Ciliwung dari waktu ke waktu. Sungai yang mengalir di nadi ibu kota ini senantiasa memunculkan permasalahan tahunan yang tak kunjung terselesaikan. Ciliwung selalu menghadiahkan kado duka di awal tahun dengan luapan airnya.

Keprihatinan terhadap keberadaan Ciliwung menggerakkan Relawan Tanggap Bencana (RTB) Beastudi Etos menggalang massa untuk melakukan Operasi Bersih (Opsi) Ciliwung. Operasi Bersih Ciliwung akan melibatkan 500 peserta yang berasal dari etoser (penerima Beastudi Etos Dompet Dhuafa Republika) dari sebelas perguruan tinggi negeri, TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Departemen Sosial, Indonesia Care Connection (ICC), Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Republika, LSM Lingkungan, selebriti, serta mahasiswa pecinta alam se-Jabodetabek.

Ceremonial pembukaan Operasi Bersih Ciliwung akan diadakan pada hari Minggu (27/7) jam 08.00 di Jembatan Kalibata Jakarta Timur. Pembukaan akan dilaksanakan oleh Gubernur DKI yang diwakili Walikota Jakarta Timur. Opsi meliputi pembersihan sungai Ciliwung sepanjang area Tanjung Barat sampai dengan Kampung Melayu. Area tersebut akan dibagi menjadi enam spot yaitu Gedong (wilayah Tanjung Barat), Kayu Manis (daerah Condet), Munggang (daerah Condet Raya), Jembatan Kalibata, Jembatan Carrefour MT Haryono, Jembatan Kampung Melayu.

Kegiatan utama Opsi adalah membersihkan aliran sungai Ciliwung dengan perahu karet, membersihkan tanggul sungai, penempelan stiker peduli lingkungan di rumah-rumah warga sekitar Ciliwung, dan survey tentang hubungan timbal balik Ciliwung dan warga sekitar.

Menurut Bambang Suherman (Koordinator Nasional Beastudi Etos), Opsi adalah momentum awal “Gerakan Nasional Cinta Lingkungan” yang dicanangkan oleh Beastudi Etos. “RTB adalah komunitas mahasiswa yang siap berkarya menjadi relawan dan mitra pemerhati lingkungan dalam menjalankan program-programnya. Keberadaan mereka yang tersebar dari Sumatra hingga Sulawesi membangkitkan semangat positif bahwa Beastudi Etos bisa berkontribusi aktif menyelamatkan Indonesia dari kerusakan dan kepunahan alamnya”

Kami persembahkan Mars Ciliwung :

Kepada para mahasiswa,
Yang cinta k’pada lingkungan
Kepada masyarakat terlantar,
Di sepanjang bantaran sungai….

Kepada penerus perjuangan
Yang hendak menggoreskan
Sebuah catatan kemuliaan
Di lembar sejarah manusia

Wahai kalian yang peduli lingkungan
Wahai kalian yang b’rani berkorban
Dengan mengerahkan tenaga dan pikiran,
Untuk Ciliwung Tercinta…

UNDANGAN TERBUKA

Kepada para mahasiswa yang katanya peduli lingkungan
Kepada para mahasiswa yang katanya tak hanya bisa bicara
Kepada para mahasiswa yang katanya berani take action!

opsi

Turut dihadiri oleh :

* Pemda DKI (Walikota Jaktim, Dinas PU dan Dinas Kebersihan)
* LSM Lingkungan
* Selebriti
* Taruna Siaga Bencana (Tagana) Departemen Sosial

Pendaftaran :

DAFTARNamaJenis KelaminEmailAsal Universitas

Contoh : DAFTAR tomi pria tomi@gmail.com UI

sms ke 081808407886



Peserta TERBATAS, hanya untuk 300 orang!!

Segera daftar dan jadikan diri anda bagian dari perubahan!!

Baca selengkapnya…..



Jadwal Kegiatan

07.00 - 08.00 Registrasi Peserta

08.00 - 09.05 Pembukaan, Sambutan dan Penampilan Seni

09.05 - 09.15 Peresmian Operasi Bersih Ciliwung oleh Presiden Direktur Dompet Dhuafa dan Gubernur DKI Jakarta (diwakili oleh Walikota Jakarta Timur)

09.15 - 09.55 Penyebaran massa Operasi Bersih Ciliwung

09.55 - 13.00 Operasi Bersih Ciliwung

13.00 - 13.30 Lunch, sharing dan Penutupan

Teknis Pelaksanaan Opsi

Peserta Operasi Bersih Ciliwung akan dibagi ke dalam 4 tim :

1. Tim Air, bertugas membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai ciliwung dengan menggunakan perahu karet dan trash bag.
2. Tim Darat, bertugas membersihkan sampah di beberapa titik pada bantaran (pinggiran) sungai ciliwung yang memiliki intensitas akumulasi sampah paling besar.
3. Tim Survey, bertugas melakukan wawancara kepada masyarakat terkait dengan kondisi lingkungan di daerah aliran sungai ciliwung, serta menyebarkan stiker kepada masyarakat.
4. Tim Logistik, bertugas mengakomodasi kebutuhan konsumsi dan medis di masing-masing spot selama kegiatan berlangsung.



Pembagian Spot Opsi

Operasi Bersih Ciliwung akan dilakukan secara serentak di 6 spot yang membentang dari Tanjung Barat hingga Kampung Melayu.

0 Responses to "Operasi Bersih Ciliwung"